IMG_0956

silakan curi semua, tapi jangan keindahan indonesia

Tulisan ini oleh-oleh dari acara ultah ke-4 Komunitas ToekangPoto Indonesia (www.toekangpoto.net) akhir pekan lalu, di Karang Anyar, Jawa Tengah. Melalui tulisan ini, saya ingin ucapkan selamat ultah, semoga makin menginspirasi Indonesia dan dunia dengan karya foto seluruh membernya yang selalu bikin tercengang saking indahnya. Juga makin memberi impak positif kepada negeri dan masyarakat dengan aksi-aksinya. Saya tahu komunitas ini tak hanya jeprat-jepret, tapi ada aksi sosial dan peduli kepada sesama. Bahkan ToekangPoto berdiri dalam suasana prihatin saat musibah letusan Gunung Merapi 4 tahun lalu.

Mengapa judul tulisan ini ‘ngenes’ banget? Karena suasana negeri sedang tak baik. Ekonomi Indonesia bertumbuh melambat, di level elit, para politisi juga sedang berseteru. Seluruh negeri ini teralih perhatiannya dari pencurian aset-aset penting negeri, mulai dari perusahaan strategis hingga sumber daya alam dan mineral serta ladang minyak dan gas. Dalam suasana ekonomi dalam negeri tak kondusif ini, uang dan orang asing datang bebas dan membeli apapun yang sedang diobral murah (baca juga : http://www.endykurniawan.com/jangan-obral-indonesia/)

Ada istilah ‘brain drain’ dalam bisnis, yang menggambarkan isi kepala dan kompetensi SDM sebuah perusahaan bisa tumpah keluar dan dinikmati kompetitor. Brain drain bisa terjadi dengan membajak personel sebuah perusahaan, atau mencuri semua kekayaan intelektualnya melalui operasi business intelligence. Aset terpenting dalam negara, atau organisasi apapun adalah manusianya. Manusia berikut ketrampilan, nilai-nilai, karya ciptanya, kreativitas dan inovasinya. Ini tak boleh terus terjadi di negeri kita.

Maka saya mengajak semua, mari kita jaga keindahan Indonesia. Jika semua sudah dicuri dari Indonesia, mohon jangan terjadi pada hasil karya, inovasi, budaya nan luhur yang dimiliki insan Indonesia. Jangan biarkan isi kepala dan kapasitas kita dicuri. Dalam tahap ini, saya dan komunitas ToekangPoto sedang mematangkan sebuah proyek etalase keindahan Indonesia dalam bentuk buku dan galeri digital. Kita yang punya Indonesia. Kita yang harus menjaga dan mendapat manfaat darinya. Mohon doa…

Follow @endykurniawan di Twitter, Path, Instagram dan Facebook

*Foto : Al Amin (https://www.facebook.com/amin.history)

Join the conversation

  • zuliana - 2 years ago

    keren tulisannya Pak Endy

    • endy - 2 years ago

      Makasih Zuli…

  • dennis - 2 years ago

    Sangat setuju,dengan fotografi kita bisa menyadari bahwa negeri kita begitu indah

  • Muhammad Akhsin - 11 months ago

    Benar. Saya merasa prihatin dengan kondisi negeri ini.