Qoloni Crowdfunding alternatif hijaukan bumi

aksi QOLONI untuk hijaukan bumi diluncurkan di acara PBB Maroko

[MEDIANEWS] Secara membanggakan, QOLONI diperkenalkan kepada publik dunia oleh panelis di panggung acara yang berjudul “Implementing The Islamic Climate Change Declaration” Kamis 10 November 2016, sore waktu Maroko. DR Fachrudin Mangunjaya selaku Vice Chairman PPI UNAS, sebagai panelis bersama 4 akademisi, tokoh agama dan praktisi dari Indonesia, Maroko dan Amerika Serikat memperkenalkan inisiatif Indonesia berupa crowdfunding untuk program hijaukan masjid dan hijaukan pesantren.

“Meskipun donasi untuk program Green Masjid & Green Pesantren ini diutamakan dari airlines dan travel haji dan umroh, masyarakat luas bisa ikut berkontribusi berupa penanaman per satu pohon melalui platform Qoloni,” ujar Fachrudin. Sementara Co-founder QOLONI Indonesia Foundation Endy Kurniawan yang hadir di acara konferensi menyatakan senang karena QOLONI bisa terlibat dalam aksi global. Dia menambahkan ide QOLONI adalah melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

“Untuk mendukung aksi hijau di Indonesia, kami memulai program sederhana untuk penanaman pohon di Masjid di Jakarta dan Malang dengan target awal 50 bibit. Satu bibit mulai penanaman hingga perawatan 3 bulan perlu biaya sekitar USD 10. Jika per jamaah haji & umroh bisa berkontribusi 1 bibit, maka setahun di Indonesia akan ada 1,2 juta pohon baru,” tambah Endy sambil menambahkan bahwa program serupa bisa diduplikasi dengan berbagai tema asal mengarah ke kegiatan konservasi dan bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Delegasi Indonesia berjanji akan membawa inisiatif ini ke level lebih tinggi untuk mendapatkan dukungan lebih serius sehingga dampaknya lebih terasa bagi penyelamatan bumi, khususnya bagi lingkungan alam Indonesia sendiri. COP22 adalah acara tahunan PBB terkait lingkungan dan perubahan iklim berlangsung sejak tanggal 7 sampai 18 November di Marakes, Maroko. Acara dihadiri oleh sekitar 50.000 delegasi terdiri dari pemerintah, industri, NGO, aktivis dan stakeholders lain seputar lingkungan hidup dan energi terbarukan.

Join @endykurniawan di Twitter, Path, Instagram, LinkedIn, Pinterest dan Facebook | Gabung sebagai inisiator atau backers kegiatan sosial di QOLONI

Start the conversation